schizophreniaOleh : Perdana Akhmad, S.Psi
(FOUNDER QHI)

Sugesti adalah sebuah dorongan yang berasal dari luar diri kita (di luar alam bawah sadar) yang memberikan efek stimulan (perangsang) ke dalam alam bawah sadar untuk melakukan respon atas dorongan tersebut. Hasil (respon) dari alam bawah sadar tentang sugesti dapat bersifat positif dan negatif. Sugesti bisa berupa banyak hal seperti : kata-kata, suasana lingkungan yang nyaman disekitar kita, aroma wewangian, efek obat-obatan dan lain-lain.

Terus, bagaimana penerapan atau penggunaan sugesti dalam rehabilitasi pencandu narkoba? Ok, saya jabarkan sebagai berikut, pertama Anda sudah berniat dan memiliki kemauan yang kuat untuk berhenti. Setelah itu tanamkan dalam pikiran Anda hal-hal sebagai berikut :

Pada pagi hari, lebih bagus pada saat bangun tidur, ucapkan secara lisan dan/atau dalam hati (sebanyak-banyaknya, minimal masing-masing 7 kali) kata-kata berikut,
– Saya bisa berhenti memakai narkoba
– Saya bisa menjauhi teman sesama pecandu
– Alqowiyyu (Tuhan Maha Kuat)
– Arrohman (Tuhan Maha Pengasih)
– Arrohim (Tuhan Maha Penyayang)
– Dll, anda bisa menambahkan sendiri kata-kata yang positif

Pada saat sakaw,
– Duduklah yang tenang bisa dengan bersila atau yang lain, pokoknya membuat Anda merasa nyaman
– Letakkan kapas yang ditetesi minyak aromaterapi (rasa lavender, lemon balm, chamomile atau geranium)
beberapa senti dekat kipas angin atau bilik AC. Aromanya akan tercampur di udara ruangan sebagai terapi Anda. Kalau anda tidak mau repot, melewati proses ini juga tidak masalah (optional). Proses ini merupakan proses relaksasi.

– Usaplah lingkaran daun telinga Anda (tangan kanan pada telinga kanan dan tangan kiri pada telinga kiri). Atau kalau anda lebih kuat, tekan titik syaraf di belakang daun telinga, dekat bagian bawah, kemudian diputar kecil (tangan kanan pada telinga kanan dan tangan kiri pada telinga kiri menggunakan jari tengah). Titik syaraf tersebut merupakan titik keseimbangan kepala, yang berefek pusing dan perut menjadi mual sehingga muncul keinginan untuk muntah. Lalu muntahkanlah, dengan muntah diharapkan racun-racun akibat narkoba yang ada dalam tubuh keluar.

– Dekatkan kedua telapak tangan kemulut lalu bacakan 3 qul dengan keras setiap selesai 1 surat hembuskan ke kedua telapak tangan. lalu tempelkan tangan kanan keperut dan usap usapkan berlawanan jarum jam (dari kanan ke kiri) sembari membaca surat Al_Fatihah niatkan menarik semua racun dari dalam tubuh keperut dan mengeluarkannya melalui mulut selesai membaca surat Al-fatihah usapkan telapak tangan kanan menuju leher, lakukan berkali kali sampai muntah atau mulut mengeluarkan suara angin.

Ucapkanlah secara lisan dan/atau dalam hati (sebanyak-banyaknya, minimal masing-masing 7 kali) kata-kata berikut,
– Narkoba jahat
– Narkoba haram
– Narkoba bisa menghancurkan tubuh
– Narkoba bisa merusak keharmonisan keluarga
– Narkoba bisa membuat mati
– Narkoba bisa membuat masuk penjara
– Narkoba bisa membuat bangkrut
– Dll, anda bisa menambah sendiri kata-kata yang negatif tentang narkoba

• Pada saat minum obat terapi atau berobat ke dokter, kyai, ahli terapi, atau psikiater
Seandainya rehabilitasi Anda melibatkan pihak lain seperti dokter, ustad/kyai, ahli terapi, atau psikiater, maka YAKINLAH DENGAN SEYAKIN-YAKINNYA akan kebenaran, manfaat, dan keberhasilan terapi tersebut. Bisa dengan mengucapkan kata-kata berikut, “Saya yakin saya bisa sembuh dengan cara ini ” secara berulang-ulang.

• Dan pada saat yang lain, ketika anda membutuhkan kekuatan batin, anda bisa menambahkan atau memodifikasi sendiri kata-kata anda sendiri untuk menanamkan sugesti ke dalam alam bawah sadar anda.

Ingat, teknik pengucapnnya adalah ucapkan per poin sebanyak-banyaknya, bukan semua poin terus sebanyak-banyaknya.
Kelihatannya, sugesti ini merupakan hal yang sepele. Tapi menurut saya inilah hal yang paling penting dalam proses penyembuhan atau rehabilitasi. Karena dalam tahapan inilah pecandu mengalami hal yang paling menentukan berhasil tidaknya proses penyembuhan, yaitu pada saat “sakaw”. Berhasilkah pecandu melewati sakaw dengan penanaman sugesti ke dalam alam pikirannya.

LEAVE A REPLY