Mengobati Halusinasi dengan psikosugesti dan herbal

Oleh : Perdana Akhmad, S.Psi herbs-and-spices
(FOUNDER QHI)

Halusinasi dapat terjadi dari:

1. Pendengaran
2. Penglihatan
3. Perasaan
4. Penciuman
5. Perabaan

Salah satu gejala penderita skizofrenia adalah adanya halusinasi. Sebenarnya, halusinasi juga kadang muncul pada orang normal.

Bedanya, orang dengan halusinasi namun tetap hidup normal sebab tidak berpengaruh buruk pada jiwanya sebab tidak diperdulikan atau takut dibandingkan dengan halusinasi pada penderita gangguan jiwa. Pada orang yg jiwanya lemah halusinasi tersebut membuat yang bersangkutan gelisah, takut atau harus terfokus fikiran dan hati pada perasan perasaan tersebut.

Ada beberapa cara mengatasi halusinasi:

Dengan minum obat.

1. Obat herbal mengkudu dan madu dapat mengurangi halusinasi, menangkan jiwa dan mengatasi stress, yayasan QHI sudah memiliki produk mengkudu dan madu QHI beli produk ini sama Ustadz Subur.

2. Dengan mengalihkan perhatian.

Cara menghiilangkan halusinasi dengan mengalihkan perhatian, antara lain: mendengarkan murrotal Quran, berjalan jalan di udara segar, mengerjakan hobi, dan lain lain.

3. Dengan memfokuskan (focusing) dan sugesti, yaitu Mengendalikan 5 poin halusinasi dengan meniatkan menghadirkannya sampai hadir lalu sadari bahwa halusinasi itu bukan masalah besar dan berat.

Contoh :

a.jika halusinasi pendengaran, hadirkan suaranya lalu sadari itu hanya suara yang tidak berarti apa apa, bagaikan suara kaset rusak yang tidak harus dituruti atau diambil hati walaupun bisikannya anjuran positif atau negatif atau menakut nakuti. Lalu ucapkan sugesti ” suara ini angin lalu akan hilang dan lenyap seiring aktifitasku, maka suaranya semakin kecil dan menghilang”. Setelah mengucapkan sugesti berulang kali maka jika ada ada suara lagi jangan dipedulikan, hayati dan dengarkan maka suara itu akan menghilang dan semakin jarang durasinya sampai lenyap sama sekali.

b. Jika halusinasi penglihatan. Hadirkan penglihatannya, jika melihat jin menyeramkan ucapkan sugesti ” engkau hanya makhluk lemah, lucu,imut imut seperti teletubies, berubahkah” setelah penglihatannya berubah ucapkan ” sekarang menghilanglah secara sempurna dari pandanganku” boleh baca ayat kursi dan hembuskan kearah penglihatan tsb.

C. Jika halusinasi perasan. Seperti merasa diikuti orang lain, merasa diawasi seseorang, hadirkan perasaan itu lalu ucapkan ” jiwaku sangat tenang dan perasaan ini sama sekali hanya angin tiada berpengaruh pada jiwaku dan segera akan hilang setelah aku membaca al fatihah” bacalah al fatihah rasakan perasaan itu akan semakin hilang dari qalbu. Jika perasan itu kadang muncul maka akan semakin jarang durasinya dan akan lenyap sempurna.

D. Jika halusinasi penciuman.

Seperti ada bau busuk, harum, yang hanya disi sendiri yang merasakannya, sugestikan bahwa bau itu hanya dibawa angin yang segera akan menghilang dan tidak akan berpengaruh apapun pada jiwa.

E. Jika halusinasi perabaan.

Jika merasa ada yang menyentuh tanpa tahu orangnya bacalah 3 qul tiup ditelapak tangan dan ucapkan ” setelah ini akan hilang sempurna perasaan ada yg meraba” lalu gosokkan keseluruh tubuh, rutinkan lakukan setiap hari.

4. Jangan pedulikan.

Jika terjadi 5 bentuk halusinasi jangan diperhatikan dan hayati perasaan itu.

5. Jangan diambil hati

Jangan ada emosi negatif (ketakutan, khawatir, waswas, marah dll) timbul lepaskan semua perasaan negatif timbilkan rasa cuek bebek.

6. Sepelekan.

Anggap saja angin lalu, abaikan semua 5 poin halusinasi.

7. Sehabis sholat amalkan surat Al Fatihah, Al Mu’minum 97-98 dan surat An naas sebanyak 3 atau 7 x dengan khusyuk dsn ditaddaburi maknanya, dalam setiap aktifitas dzikir istighfar selalu Insya Allah semua halusinasi tidak akan berpengaruh pada jiwa dan akan hilang seiring berjalannya waktu.

8. Penyebab 5 halusinasi yg menyebabkan ketakutan, kecemasan, ketidaktenangan sebaiknya ditemukan apakah karena pernah ada kejadian traumatis, pernah belajar ilmu ghoib dan harus ditaubati dan diikhlaskan.

LEAVE A REPLY